Start: 23:00

Isi spoit itu mungkin hanya setetes. Masih ada satu sendok makan cairan puyer lagi. Untuk siapa?

Begini ceritanya

Khidir batuk berdahak plus pilek. Bagi bayi 7 bulan, mengeluarkan dahak serupa mission impossible. Karena kuatir lendirnya malah banyak dan tertinggal di dalam, saya memutuskan ke dsa meskipun dia belum demam. Kebetulan anak  ponakan mengalami masalah serius dengan batuk. Dia yang notabene tenaga kesehatan mewanti-wanti bahayanya.

Saya tentu saja ngeri.

Dsa meresepkan puyer yang harus diteguknya 2 x sehari.

Dua hari sudah, prosesi minum obatnya gagal. Saya nyerah. Padahal sudah mencoba beragam cara. Termasuk makan obat sambil lihat ayam dan kucing.

Dan ketika itu suhu tubuhnya mulai naik.

Saya langsung menelpon dokter. Curhat menyoal Khidir gak bisa minum obatnya.

D: coba campurkan di ASI. Kasi agak encer.

Ok. Saya coba. Berhasil? Sedikit sekali yang masuk.

Saya menelpon lagi dokter. Menanyakan obat panas dan takarannya.

S: Dok, sedikit sekali yang masuk obatnya. Badannya mulai hangat ini dok.

D: cobakan terus bu...

S: dia tidur mi dok. Nda bisa mi.

D: kasih saja. Asal per tetes. Jangan disemprot. Bisa ji itu da minum kalau tidur. Jangan disemprot ya. Trus tidurnya miringkan. Sanmolnya dikasi kalau panas ya Bu...

Itu kejadian kemarin.

Malam ini, saya cobakan kembali setelah paginya boleh dibilang sukses.

Setetes demi setetes. Dan ini sudah hampir sejam. Saya ngantuk. Tetapi saya menulis biar tetap melek.

Oh ya... Setelah saya tetesi via spoit, saya kadang harus menggoyang-goyangkan pipinya. Supaya dia telan obat. Bahkan menggoyangkan badan perlahan. Dan benar saja. Alhamdulillah dia telan.

Saya bersyukur. Sekarang waktunya mengukur suhu. Semoga sudah lebih baik. Semoga segera sehat.

Finish: 23: 59

Nb:

1. Sudah di plus dengan kompres air hangat
2. Sudah juga dengan uap air panas plus minyak telon
3. Dijemur. Tapi pas demam saya stop jemur Khidir.
4. Hari ini, saya mulai kasih minum air hangat.
5. Mau beli transpulmin tapi di Raha gak ada. Hiks...
6. Balur minyak saya gak lanjut karena suhunya mulai naik kemarin.

Wa Saripah

5 Comments

  1. Semoga cepat sembuh ya Bunda si kecilnya. Jangan lupa diperiksakan ke dokter juga

    ReplyDelete
  2. Mending langsung di bawa ke dokter saja Mbak kalau masih batuk, takut ada apa-apa

    ReplyDelete
  3. Kasihan banget nih Mbak si kecilnya sakit batuk dan pilek. Semoga cepat sembuh ya

    ReplyDelete
  4. Semoga cepat sembuh ya Mbak si kecilnya. Kasihan masih kecil banget nih hehe

    ReplyDelete
  5. Semoga cepat sembuh ya Khidir dan semoga sehat selalu. Bundanya juga :)

    ReplyDelete