Bismillah...



Telah tiba di dalam gua. Hanya ada gelap. Suara. Cahaya dengan senter. Alhamdulillah, pembelajaran kali ini di Buncek adalah tentang membuat audio. Sungguh suatu yang baru buat saya. Saya sempat berpikir apa saya akan berhasil menyetor jurnal? Ini karena, seumur-umur, belum pernah buat rekaman. Jadilah aku banyak tanya di grup Emak Lihai. Alhamdulillah tercerahkan.

Sebelum upload di anchor, saya sempat rekam dengan HP. Lumayan bisa sampai lebih kurang 10 kali. Kali pertama, script saya tulis di buku agenda. Kali ke 5, saya tulis melalui aplikasi whatsApp. Saya membaca, whatsApp menulis. Lalu saya kopi paste ke word. Alhamdulillah, dengan panduan tulisan itu, saya lebih mudah menyelesaikan rekaman. Meskipun pada akhirnya, "Ih harusnya saya gak ucapkan itu ya." Atau "Ih harusnya kata 'seluruhnya' saya ganti jadi 'sebagian' ya." 

Tetapi, yah, This is my first. Mau diulang lagi udah larut banget semalam. Mikir kesehatan lagi kan ya.. Akhirnya, Bismillah. posting. Sudah bagus kok insyaalloh. Hehehe ...

Awalnya bingung isi potluckku dengan apa... Tetapi pada akhirnya, saya memilih menuliskan bagaimana Hafshoh bisa seperti sekarang; cinta buku.

Judul podcast saya: Tips Anak Cinta Buku

Sumber: Tips yang saya dapatkan dari berbagai sumber, termasuk buku, artikel, bahkan pengalaman beberapa orang. Tips ini sudah saya terapkan pada Hafshoh sejak saya hamil sampai sekarang berusia 9 tahun dan berhasil. Karena saya menganggapnya berhasil, makanya saya berpikir untuk membaginya.


Alamat podcast saya sertakan saat mengisi form penyetoran. Mohon maaf tidak ingin dipasang disini. Terimakasih.

Ini Makananku



Lizna Mauliza Octariana Regu 12 IP Tangerang Kota


bit.ly/potluckoca

Kiat Menulis Menjadi Buku

Isi Potluck:

1. Perlu meluangkan waktu untuk menulis (jangan menunggu waktu luang)

2. Fokus menulis sampai selesai

3. Endapkan selama 3 hari

4. Buka kembali tulisannya

5. Baca sebagai editor

6. Setelah fix. Silahkan mencari penerbit sesuai karakter kita.

Potluck yang aku dapatkan?



Ani Christina Grup 17 Ngalamorfosis IP malang Raya

https://whttps://www.instagram.com/reel/CZdBLhnBa3Q/...ww.instagram.com/reel/CZdBLhnBa3Q/...https://www.instagram.com/reel/CZdBLhnBa3Q/...

Isi Potluck:

Bunda Ani berbagi tentang sumber ide menulis:

observasi pengalaman hidup

Banyak membaca

self talk-merenung



Tips Sederhana Langkah-langkah Menulis Buku Solo

Linda Handayani, Kelompok 10 Himawari, IP Bandung.

Isi Potluck:
1. Pilih tema yang sesuai dengan nilai kehidupan
2. susun outline bisa bab atau sub bab
3. buat rencana-cepat atau lambat selesainya
4. cari referensi dan tandai bagian penting
5. buat sumber rujukan, menulis naskah menyampaikan gagasan
6. edit konten
7. edit naskah
8. lay out design sampul (bisa didelegasikan)
9. mendaftarkan ISBN (dengan syarat kelengkapan naskah dan sampul)



Imawati Annisa IP Sukabumi

 https://open.spotify.com/episode/5nPsszBt0KzndmmiKkjD1M...

Isi Potluck:

Rahasia Rutin dan Konsisten Menulis Sepanjang Tahun

1. menentukan strong why

2. mengumpulkan ide tulisan

3. membuat outline tulisan

4. membuat jadwal sefleksibel mungkin

5. disiplin, tidak menunda rencana

6. menulis saja dulu.

Sekian jurnal saya kali ini. Semoga bisa bermanfaat untuk diri saya utamanya.


#menulis
#literasi
#menulisnonfiksi
#menulisituasyik
#BundaCekatan3
#potluckku
#hutankupucekatan

2 Comments

  1. Wah keren udah sampai di tahap ini, semangat melanjutkan kelasnya dan semoga berhasil. Penulis dan ibu rumah tangga memang profesi yang berat, yang bisa pasti hebat.

    ReplyDelete