Hari presentasi ketiga sudah ditampilkan kelompok 3 Kelas Bunda Sayang IIP Sulawesi. Waktunya, tadi malam. Jam 21.00-22.00 pm.

Kali ini, membahas tentang peran ayah kaitannya dengan fitrah seksualitas. Ibu, tak sendiri mendidik anak. Meskipun ayah, berkewajiban mencari nafkah, tetapi, dalam pendidikan fitrah anak, perannya tidak bisa diabaikan.

Saya mengkopi materi dari kelompok 3, semoga bisa diambil faedahnya.

_Presentasi Hari ke 3_
_Game Level 11 : *Fitrah Seksualitas*_
_Kelas Bunda Sayang 2 Sulawesi_

🌼🌼🌼🌼🌼🌼🌼🌼🌼🌼

Oleh : Irawati Anwar, Rahmawati, Sri Suparti, Sulastri

👨‍👧‍👦 *PENTINGNYA PERAN AYAH DALAM MENDIDIK FITRAH SEKSUALITAS* 👨‍👩‍👧‍👦

*Pengertian*
Fitrah seksualitas yaitu tentang bagaimana seseorang berpikir, merasa, dan bersikap sesuai dengan gendernya. Mendidik fitrah seksualitas sangat penting dilakukan secara seimbang oleh kedua orang tua agar anak-anak dapat mencapai kematangan fisik dan mental yang kelak dapat mewujudka peran keayahbundaan sejati.

*Tantangan*
Awal mula masalah seksual dan penyebab disorientasi seksual jaman now adalah absennya orang tua pada kehidupan anak. Kurangnya ilmu tentang pentingnya menjalankan kewajiban orang tua dalam membersamai anak sesuai usianya, menyebabkan anak tidak menerima figur kedua orang tuanya dengan seimbang.

Ibu, sebagai madrasah utama dan pertama bagi anak-anaknya tentu saja memegang peranan penting dalam mendidik fitrah seksualitas anak. Namun, jika Ibu adalah guru, maka Ayah adalah Kepala Sekolah yang memimpin dan yang akan dimintai pertanggungjawabannya atas keluarganya. Maka selelah-lelahnya seorang ayah dalam mencari nafkah buat keluarganya, beliau tetap harus terlibat dalam proses pendidikan anak-anaknya.

Salah satu pernyataan Bunda Elly Risman yang terkenal dalam dunia parenting yaitu Indonesia saat ini merupakan salah satu negara dengan sebutan FATHERLESS COUNTRY yaitu NEGARA TANPA AYAH! Dimana ayah hadir secara fisik namun tidak secara psikologis. Sementara ada pembagian peran yang sangat penting antara Ibu dan Ayah yang harus dilakukan dalam mendidik fitrah seksualitas dengan tahapan-tahapan sebagai berikut :

0-2 tahun didekatkan pada ibu karena menyusui, 3-6 thn didekatkan pada ayah ibu untuk kestabilan emosional dan rasional, 7-10 thn anak laki-laki didekatkan pada ayahnya dan anak perempuan pada ibunya, 11-14 thn anak laki-laki didekatkan pd ibunya dan anak perempuan pada ayahnya. 15 thn, masa aqil baligh di mana anak bkn lg anak-anak melainkan mitra bagi org tua.

👨‍👧‍👦 *Manfaat kehadiran Ayah dalam mendidik Fitrah Seksualitas :*
💐Menjadi teladan : Cinta pertama bagi anak perempuannya, dan Pahlawan utama bagi anak laki-lakinya.
💐Memberikan suplai maskulinitas : Anak lelaki memerlukan 75% suplai maskulinitas dan 25% suplai feminitas. Anak perempuan memerlukan suplai femininitas 75% dan suplai maskulinitas 25%.
💐Sosok bagi anak perempuan untuk mengenal lebih mendalam tentang lawan jenisnya
💐Tempat belajar terbaik bagi anak laki-laki tentang peran dan aktivitas kelaki-lakian pada kehidupan sosial dan pribadi (mimpi basah, mandi wajib, dll)
💐Keterlibatan ayah secara langsung (dialog, penanaman nilai moral, dll) dan secara tidak langsung ( hubungan baik dalam keluarga, keharmonisan dgn pasangan) dapat mencegah seks pranikah.
💐Bermain bersama Ayah mampu mengembangkan Life Skill

👨‍👩‍👧‍👦 *SOLUSI :*
☘ _Me Time_ bersama ayah sesuai tahapan usia anak
☘ _Quality Time_ , memberi waktu minimal 15-30 menit setiap hari.
☘ Menampakkan ungkapan sayang pada anak, tidak hanya berupa bahasa verbal tetapi juga dapat berupa pelukan hangat misalnya.
☘ Makan bersama anak
☘ Menghabiskan hari libur bersama keluarga, terutama anak-anak
☘ Terlibat dalam pengasuhan dan perawatan anak

💻 *Media Edukasi :*

Secara umum, media edukasi yang dapat digunakan baik Ayah maupun Ibu dalam mendidik fitrah seksualitas adalah :
🍁 Buku : Sudah banyak tersedia buku anak yang dapat membantu orang tua dalam menjelaskan tentang fitrah seksualitas pada anak. Membacakan buku pada anak juga dapat membangun kelekatan antara anak dan orang tua.
🍁 Video : “Sentuhan tidak boleh”, Harun Yahya, dll adalah contoh video yang bias digunakan untuk mengedukasi anak-anak tentu saja disesuaikan dengan usianya.
🍁 Dongeng : Dengan dongeng, Ayah/Ibu bisa sekreatif mungkin membuat cerita edukasi dengan menyelipkan tentang fitrah seksualitas pada dongeng tersebut.
🍁 Mainan : DIY kardus Puzzle Human Body misalnya
🍁 Dialog : orang tua bisa mengambil kesempatan untuk melakukan dialog bersama anak pada waktu-waktu tertentu


📚 _Sumber :_
https://sofianaindraswari.com/mempersiapkan-calon-ayah-mendidik-fitrah-seksualitas-anak-laki-laki/
https://ekoharsono.wordpress.com/2017/12/24/prinsip-dan-tahapan-mendidik-fitrah-seksualitas/
https://catatanibuluky.wordpress.com/2011/02/09/sehat-share-indonesia-fatherless-country-berayah-ada-berayahtiada/
https://psyline.id/dibalik-anak-yang-hebat-terdapat-ayah-yang-hebat-pula/
Tulisan-tulisan Ustad Harry Santosa
Buku : Saat Berharga Untuk Anak Kita – Mohammad Fauzil Adhim

Itulah materi dari kelompok 3. Semoga bisa menambah ilmu mendidik anak sesuai fitrah.

#WaSaripah
#IIP
#BundaSayang
#TantanganLevel11
#LearningbyTeaching




0 Comments