Sedikit ingin berbagi. Dari hasil observasi dan edisi curhat, saya sampai pada titik maksimal bahwa, tidak semua orang know about this. Bahkan dokter SP.OG sekalipun. Mau bukti? Nih berikut penuturan saya …
Sejak usia kehamilan 8 bulan, saya sudah mulai kesulitan untuk jongkok apalagi sujud. Lutut terasa ngilu sakit dan entah bagaimana mau membahasakannya. pokoknya sakit lah. Dan ini termasuk susah duduk jongkok mau (maaf) BAB. Kalau sholat saya bahkan sempat sholat sambil duduk. Kalau habis duduk mau berdiri...sampe harus bertumpu pada dinding atau kursi. Saya sempat curhat ke teman-teman yang kebetulan selevel hamilnya ma saya. Ternyata mereka tidak mengalami hal yang sama. Aduh…… only me toh…. Mereka sih ngalamin susah sujud hanya pada saat mulai sakit2 mau melahirkan.
Berulang kali saya curhat ke dokter kandungan “T” tentang itu, tapi dia sih biasa saja, “ah ibu, begitu memang kalau hamil.”
Setelah lahir saya tetap curhat ke dokter “T”. respon nya masih sama. Aduh…. Masa sih. Tapi waktu itu saya percaya saja, meski tetap yakin semua butuh jawaban ilmiah. Setelah itu saya ke Kendari dan kebetulan ke dokter “I”. saya sempatkan juga mengeluh yang ditanggapinya dengan mengernyitkan kening dan berkata, “perbanyak jalan saja bu”.
Aduh ….
Beberapa saat kemudian, ketika 3 bulan pasca partus. saya pindah dokter karena kebetulan letaknya lebih dekat dari tempat saya. Saya pun tetap curhat tentang kondisi saya itu. Mengganggu soalnya. Bangeeettt. Dan saya yakin there must be an answer.
Akhirnya Dia; “oh, itu … , biasa memang bu seperti itu kalo pada saat hamil atau setelah melahirkan, kurang kalsium itu bu. Saya resepkan obat yah.
Seketika saya langsung berbinar, aha, ting “ini yang paling masuk akal”. Dan jawaban ini yang saya butuhkan sejak bulan2 terlewatkan.
Akhirnya …
Dan asal tau saja, begitu minum alkena yang diresepkan tadi, keluhan saya mulai berkurang dan sekitar seminggu atau sepuluh hari kappa, hilang lenyap tak berbekas. Alhamdulillah. Hehehehe… Senangnya …

0 Comments