Review Buku
Judul Buku: Ibu Galak Kasihan Anak
Pengarang: Asadullah Al-Faruq
Penerbit: Kiswah Media
Design Cover: FarisDesain
ISBN: 987-602-9176-12-4
Jumlah Hal: 153

Oleh: Wa Saripah


Buku ini diawali dengan pembahasan tentang keutamaan seorang Ibu. Saya melihat, penulis menempatkan ini diawal, sebagai upaya menumbuhkan rasa bangga, sadar diri, dan “sikap merasa” pada diri Ibu agar kelak di pembahasan berikutnya, bisa bercermin pada bab pertama.

Beberapa keutamaan yang saya petik adalah:
Ridho Ibu, ridho Alloh
Ada surga di telapak kaki Ibu

Setelah menyebutkan keutamaan, penulis kemudian menjabarkan tentang adanya kemungkinan diantara Ibu yang menyandang predikat galak. Penulis juga menggaris bawahi bahwa, level galak yang lebih tinggi yaitu ‘kejam’ harus bisa kita hindari. Kejam ditandai dengan hukuman yang berlebihan dan bisa saja dengan kekerasan.

Sebelum melangkah pada tulisan yang lebih mendalam, penulis menjabarkan, bahwa, galak pada seorang Ibu, bisa terjadi karena sebab-sebab seperti:

Pengalaman masa lalu
Pendidikan gaya keras
Tuntutan berlebih pada anak
Mebanding-bandingkan dengan orang lain
Pelampiasan dari beban hidup sebagai Ibu

Sebab-sebab tersebut, bisa jadi mengantarkan seseorang menjadi Ibu yang galak pada anaknya. Dan berakibat buruk bagi anak tersebut.
Diantara akibat bagi anak adalah 

Anak menajdi stress/depresi
Ngambek
Berbohong karena takut dimarahi
Mencoba menberontak
Menyandang predikat anak nakal
Menurunkan tingkat kecerdasan
Trauma berlanjut
Menghambat proses perkembangan jiwa
Menyebabkan anak menjadi durhaka

Untuk menghindari hal tersebut terjadi. Mengingat, efek galak sangat buruk bagi perkembangan dan kehidupan seorang anak, maka penulis memberikan beberapa tips untuk meredam sifat galak tersebut.

Hindari amarah
Jangan mudah terpancing
Memaksa lisan utnuk diam
Memahami karakter anak
Belajar bersabar
Berkomunikasi sesuai situasi

Penulis juga tidak berhenti pada cara menghindari sifat galak, namun juga memberi beberapa tips agar bisa mendidik anak tanpa galak;

Mencintai anak karena Alloh
Mendidik dengan lemah lembut
Menjadi teladan di setiap keadaan
Disiplin yang positif
Ganti mode sanksi

Menurut saya, buku ini, sangat membantu untuk memperbaiki diri seorang Ibu. Apalagi, disamping memberi tulisan dan pelajaran, penulis juga memberikan dalil sebagai landasan dan penguatan pembaca untuk melakukan hal tersebut. Bagi saya, ini merupakan poin plus. Karena dalil selalu lebih kuat daripada ilmu manapun jika dalil itu dipahami tidak menyimpang.

:)



0 Comments