NHW6_WaSaripah_SulawesiRaha

Wamponiki, 05 Maret 2017

Hari ini, hari terakhir pengumpulan Tugas ke 6 Program Matrikulasi di IIP (Institute Ibu Profesional). Sampai saat ini, saya belum mengkonsep sedikitpun tulisan untuk NHW 6 ini. Tentu saja bukan karena unsur kesengajaan. Kemarin, seharian saya mengikuti kela menulis offline. Kebetulan pematerinya datang dari Jakarta. Dengan terpaksa, karena ini mungkin tidak akan pernah terjadi lagi, saya menempatkannya sebagai prioritas.

Saya berharap besar, setelah mencas motivasi menulis darinya, saya menajdi lebih berbenergi mengerjakan NHW 6 ini. Dan betul saja, pagi ini, saya bisa berkonsentrasi mengerjakannya. Semoga semua proses ini, berjalan dengan baik menuju perbaikan diri saya.

Baik, saya mulai bahas tentang NHW 6 ini ya…

Ok, poin pertama, kita disuruh menentukan 3 aktivitas yang paling penting dan 3 aktivitas yang paling tidak penting. Bagi saya pribadi 3 kegiatan yang paling penting adalah: sholat, mendidik Hafshoh, memastikan keluarga tidak kelaparan. Sebaliknya, 3 kegiatan paling tidak penting yang masih saya lakukan adalah; … ini cukup susah. Karena mungkin jawabannya bisa banyak, tetapi, bisa juga karena, saya masih bingung mana aktivitas yang paling tidak penting ini. Baik, saya pilih saja; menulis status FB? Ah ini agak penting sih. Karena dengannya saya bisa berbagi, atau mungkin, foto selfie? Ah, saya juga tidak lagi foto-fotoan, mungkin… Aha, saya tahu. Tiga kegiatan tidak penting saya adalah; baringan di sofa saat Hafshoh bermain, duduk di mobil angkot 30 menit tanpa melakukan apapun (padahal kan, saya bisa menulis disitu kalau keadaan tidak desak-desakkan), duduk di boncengan motor selama 20 menit tanpa melakukan apapun (biasanya kalau ingat saya zikir, tetapi lebih banyak lupanya).

Alhamdulillah, selesai poin pertama. Sekarang lanjut ke poin ke-2 ya. Waktu saya selama ini habisnya untuk apa? kegiatan penting atau kegiatan tidak penting? Kalau saya bandingkan secara kasar, sepertinya waktu saya masih banyak untuk kegiatan penting. Tetapi dengan mengerjakan poin ke-2 ini, saya menjadi lebih bertekad untuk memperbanyak lagi porsi paling penting, dan meminimalisir sudut paling tidak penting, atau kalau perlu menghilangkannya.
Sekarang melangkah ke poin ke-3. Menjadikan 3 aktivitas paling penting menjadi aktivitas dinamis harian untuk memperbanyak jam terbang di misi saya. Artinya, dengan memilih 3 kegiatan yaitu; sholat, mendidik anak, dan memastikan anggota keluarga kenyang, saya sudah mengetahui bahwa, sejatinya, misi saya yang lebih condong ke menulis akan bisa saya maksimalkan pelan-pelan. Lebih banyak menulis kegiatan Hafshoh dan berbagai kisah kami. Saya juga berencana, memulai membuatkan buku untuknya. Buku yang rencananya, berisi kisahnya sendiri. Do’akan ya…

Untuk mewujudkan itu, saya akan memenuhi poin 4, 5, dan 6 yaitu rencana jadwal harian yang harus saya patuhi. Kemudian kandang waktu, tidak mengizinkan aktivitas lain membentur waktu yang sudah di block, dan membuat jadwal harian 5 to 5.

Rencana Jawal Oleh Wa Saripah

No
Waktu
Kegiatan
1
05.00-05.10
Sholat
2
05.15-06.00
Menyiapkan sarapan
3
06.00-06.20
Sarapan
4
06.21-06.30
Memandikan Hafshoh
5
06.31-06.40
Memakaikan Hafshoh Baju Sekolah
6
06.41-06.50
Mandi
7
06.55-07.00
Berangkat
8
07.00-12.30
Sekolah
9
12.30-13.00
Di jalan menuju pulang
10
13.30
Menidurkan Hafshoh
11
13.30-14.00
Makan siang dan persiapan tidur
12
16.00
Bangun
13
16.00-16.15
Sholat
14.
16.15
Membangunkan Hafshoh
15
16.20-17.00
Menyapu lalu Menemani Hafshoh bermain
16
17.00-17.10
Mandi
17
17.15-17.30
Muroja’ah Hafalan Surat Hafshoh
18
18.00
Persiapan masak untuk makan malam
19
 Maghrib
Sholat
20
Ba’da Maghrib
Tilawah dan membaca Qur’an seluruh anggota keluarga dan anak tetangga (2 orang)
21
5 menit setelahnya
Masak
22
Isya
Sholat Isya
23
Ba’da Isya
Zauji lanjut memantau hapalan anak-anak, saya lanjut masak
24
19.45
Makan Malam
25
20.00
Selesai
26
10 menit
Hafshoh merapikan mainan
27
20.11
Ke Bed. Hasfshoh membawa buku bacaan untuk dibacakan
28
20.30
Menulis lalu Tidur
29
Esoknya, 05.00
Membangunkan Hafshoh setelah sholat subuh

Kandang Waktu

Kandang waktu adalah waktu yang harus saya block dan tidak boleh diganggu oleh rutinitas lain.

No
Waktu
Kegiatan
1
05.00-06.00
Sholat dan persiapan sarapan
2
16.20-17.00
Menyapu dan bermain bersama Hafshoh
3
20.30
Menulis

Dan poin ke-7, amati. Saya akan mencoba mengamati kegiatan yang sudah saya buat. Lalu saya akan lihat seminggu kedepan. Jika berhasil, saya teruskan sampai 3 bulan kedepan. Jika tidak, maka saya harus bisa melihat mana yang perlu saya revisi atau mana yang perlu saya benahi.

Selesai.


0 Comments