NHW6_WaSaripah_SulawesiRaha
NHW6_WaSaripah_SulawesiRaha
Wamponiki,
05 Maret 2017
Hari
ini, hari terakhir pengumpulan Tugas ke 6 Program Matrikulasi di IIP (Institute
Ibu Profesional). Sampai saat ini, saya belum mengkonsep sedikitpun tulisan
untuk NHW 6 ini. Tentu saja bukan karena unsur kesengajaan. Kemarin, seharian
saya mengikuti kela menulis offline. Kebetulan pematerinya datang dari Jakarta.
Dengan terpaksa, karena ini mungkin tidak akan pernah terjadi lagi, saya
menempatkannya sebagai prioritas.
Saya
berharap besar, setelah mencas motivasi menulis darinya, saya menajdi lebih
berbenergi mengerjakan NHW 6 ini. Dan betul saja, pagi ini, saya bisa
berkonsentrasi mengerjakannya. Semoga semua proses ini, berjalan dengan baik
menuju perbaikan diri saya.
Baik,
saya mulai bahas tentang NHW 6 ini ya…
Ok,
poin pertama, kita disuruh menentukan 3 aktivitas yang paling penting dan 3
aktivitas yang paling tidak penting. Bagi saya pribadi 3 kegiatan yang paling
penting adalah: sholat, mendidik Hafshoh, memastikan keluarga tidak kelaparan.
Sebaliknya, 3 kegiatan paling tidak penting yang masih saya lakukan adalah; …
ini cukup susah. Karena mungkin jawabannya bisa banyak, tetapi, bisa juga
karena, saya masih bingung mana aktivitas yang paling tidak penting ini. Baik,
saya pilih saja; menulis status FB? Ah ini agak penting sih. Karena dengannya
saya bisa berbagi, atau mungkin, foto selfie? Ah, saya juga tidak lagi
foto-fotoan, mungkin… Aha, saya tahu. Tiga kegiatan tidak penting saya adalah;
baringan di sofa saat Hafshoh bermain, duduk di mobil angkot 30 menit tanpa
melakukan apapun (padahal kan, saya bisa menulis disitu kalau keadaan tidak
desak-desakkan), duduk di boncengan motor selama 20 menit tanpa melakukan
apapun (biasanya kalau ingat saya zikir, tetapi lebih banyak lupanya).
Alhamdulillah,
selesai poin pertama. Sekarang lanjut ke poin ke-2 ya. Waktu saya selama ini
habisnya untuk apa? kegiatan penting atau kegiatan tidak penting? Kalau saya
bandingkan secara kasar, sepertinya waktu saya masih banyak untuk kegiatan
penting. Tetapi dengan mengerjakan poin ke-2 ini, saya menjadi lebih bertekad
untuk memperbanyak lagi porsi paling penting, dan meminimalisir sudut paling
tidak penting, atau kalau perlu menghilangkannya.
Sekarang
melangkah ke poin ke-3. Menjadikan 3 aktivitas paling penting menjadi aktivitas
dinamis harian untuk memperbanyak jam terbang di misi saya. Artinya, dengan
memilih 3 kegiatan yaitu; sholat, mendidik anak, dan memastikan anggota
keluarga kenyang, saya sudah mengetahui bahwa, sejatinya, misi saya yang lebih
condong ke menulis akan bisa saya maksimalkan pelan-pelan. Lebih banyak menulis
kegiatan Hafshoh dan berbagai kisah kami. Saya juga berencana, memulai
membuatkan buku untuknya. Buku yang rencananya, berisi kisahnya sendiri.
Do’akan ya…
Untuk
mewujudkan itu, saya akan memenuhi poin 4, 5, dan 6 yaitu rencana jadwal harian
yang harus saya patuhi. Kemudian kandang waktu, tidak mengizinkan aktivitas
lain membentur waktu yang sudah di block, dan membuat jadwal harian 5 to 5.
Rencana
Jawal Oleh Wa Saripah
No
|
Waktu
|
Kegiatan
|
1
|
05.00-05.10
|
Sholat
|
2
|
05.15-06.00
|
Menyiapkan
sarapan
|
3
|
06.00-06.20
|
Sarapan
|
4
|
06.21-06.30
|
Memandikan
Hafshoh
|
5
|
06.31-06.40
|
Memakaikan
Hafshoh Baju Sekolah
|
6
|
06.41-06.50
|
Mandi
|
7
|
06.55-07.00
|
Berangkat
|
8
|
07.00-12.30
|
Sekolah
|
9
|
12.30-13.00
|
Di
jalan menuju pulang
|
10
|
13.30
|
Menidurkan
Hafshoh
|
11
|
13.30-14.00
|
Makan
siang dan persiapan tidur
|
12
|
16.00
|
Bangun
|
13
|
16.00-16.15
|
Sholat
|
14.
|
16.15
|
Membangunkan
Hafshoh
|
15
|
16.20-17.00
|
Menyapu
lalu Menemani Hafshoh bermain
|
16
|
17.00-17.10
|
Mandi
|
17
|
17.15-17.30
|
Muroja’ah
Hafalan Surat Hafshoh
|
18
|
18.00
|
Persiapan
masak untuk makan malam
|
19
|
Maghrib
|
Sholat
|
20
|
Ba’da
Maghrib
|
Tilawah
dan membaca Qur’an seluruh anggota keluarga dan anak tetangga (2 orang)
|
21
|
5
menit setelahnya
|
Masak
|
22
|
Isya
|
Sholat
Isya
|
23
|
Ba’da
Isya
|
Zauji
lanjut memantau hapalan anak-anak, saya lanjut masak
|
24
|
19.45
|
Makan
Malam
|
25
|
20.00
|
Selesai
|
26
|
10
menit
|
Hafshoh
merapikan mainan
|
27
|
20.11
|
Ke
Bed. Hasfshoh membawa buku bacaan untuk dibacakan
|
28
|
20.30
|
Menulis
lalu Tidur
|
29
|
Esoknya,
05.00
|
Membangunkan
Hafshoh setelah sholat subuh
|
Kandang Waktu
Kandang
waktu adalah waktu yang harus saya block dan tidak boleh diganggu oleh
rutinitas lain.
No
|
Waktu
|
Kegiatan
|
1
|
05.00-06.00
|
Sholat
dan persiapan sarapan
|
2
|
16.20-17.00
|
Menyapu
dan bermain bersama Hafshoh
|
3
|
20.30
|
Menulis
|
Dan
poin ke-7, amati. Saya akan mencoba mengamati kegiatan yang sudah saya buat.
Lalu saya akan lihat seminggu kedepan. Jika berhasil, saya teruskan sampai 3
bulan kedepan. Jika tidak, maka saya harus bisa melihat mana yang perlu saya
revisi atau mana yang perlu saya benahi.
Selesai.
0 Comments