27 Maret 2015. Flash card huruf hijayyah buatan saya dan Hafshoh cukup disukai Hafshoh. Awalnya saya mengajari Hafshoh huruf tanpa harokat. Jadi sewaktu saya menanyakan huruf alif yang berfathah. Dia berkata ‘alif’. Saya bingung bagaimana mau kasih tau kalau alif berfathah itu a.
Akhirnya karena memang baris fathah berwarna merah, akhirnya, saya bilang, “kalau ada merahnya ini jadi a. Ini a.”
Awalnya dia masih bilang ‘alif’. Lama-lama alhamdulillah dia bilang ‘a’. Begitu juga jim. Alhamdulillah mulai-mulai mi kenal ‘ja’.
Jadi, begitu huruf-huruf saya dekatkan, alif fathah saya jejerkan dengan ba. Dia pun bersuara, “a ba”.
Alhamdulillah. Dia mulai bisa.
Mari flashback pada episode sebelum flash card jadi. Untuk membuatnya,cukup mudah.
Bahan:
Kertas print huruf hijayyah yang dibuat di corel draw
Kardus bekas
Gunting
Lem
Pertama, buatlah pola huruf dan berbagai hiasannya di corel draw. Setelah itu, tinggal di prin out. Gunting hurufnya dan tempelkan di kardus.  Pada saat proses pembuatan, ikutkan anak anda untuk berpartisipasi. Mulai dari mengambil kertas, menempel, dan hal-hal lain yang mungkin bisa dia lakukan. Setelah itu, gunting kardus sesuai pola huruf yang telah digunting. Jadilah flash card nya.
Tampak Depan


Tampak Belakang

Belakang

Depan

0 Comments