MENGERTI MENURUT SISWA ITU ...
Kasipute, Des 15 2013. Ingin sekali memprint beberapa
cerita english version dengan level elementary untuk siswa-siswaku yang saya
tau mereka bisa secara kasat mata saya menilai. Bukankah ini akan menambah
vocab dan ketertarikan mereka dalam belajar khususnya Bahasa Inggris.
Jangan heran, banyak siswa saya
yang modal bahasa Inggrisnya sangat amat super pas-pas an sekali. Sampai-sampai
di kulit buku mereka saya sering temui tulisan seperti ini:
Book: Language English
Ouch... seperti lucu saya ini.
Guru macam apa saya? Masa tanpa saya sadari siswa saya begini kreatif. Belum
lagi hal-hal lain yang sempat saya sedikit sakit perut menahan senyum didepan
mereka ketika memeriksa pekerjaannya dikelas.
Pelajaran hari itu POSITIVE
DEGREE
Setelah menjelaskan panjang lebar
dan dengan contoh yang menurut saya mereka bisa paham. Saya pun bertanya apa
ada yang mau ditanyakan... Yang direspon TIDAK oleh mereka. Bahkan ada yang
saya dengar SI N bercelutuk AH SA
MENGERTI MI. Semangat skali saya liat
itu siswa, saya tau kemampuannya tergolong pada yang pas2an. Tapi hari ini
sepertinya dia berubah.
Saya pun meminta mereka create 2
sentences atau biar one lah saya meringankan supaya mereka tidak stres pikir
ku.
Tibalah saat saya membaca dan
menilai kebenaran hasil kerja mereka termasuk hasil kerja si N yang katanya
mengerti tadi. He he he
ALIMUDIN IS AS TABLE AS BACHTIAR
Kelucuan tidak sampai disitu
karena diartikannya pula
ALIMUDIN SEMEJA DENGAN BAHTIAR
Kalimat lain
NASRUN IS AS BOOK AS HIDAYAT
NASRUN SAMA BUKUNYA DENGAN HIDAYAT
Me/hem.... harus diulang lagi
tentang jenis kata yang digunakan.
Padahal tadi sudah lho...tapi
tetap saja masih kurang. Mungkin karena saking semangatnya mau bikin dan lupa
kalau harus pakai kata sifat. Atau bisa jadi ada yang tidak tau kata sifat. Nah
LHO????
PELAJARAN: MESKIPUN SISWA BILANG
SUDAH MENGERTI, JANGAN LANGSUNG PERCAYA. TAPI CEK DULU. BIAR GAK PAKE TES
BERFORMAT. CUKUP DENGAN PENILAIAN SEDERHANA, OBSERVASI, DIALOG, DLL... BISA
SAJA “MENGERTI” MENURUT MEREKA BERBEDA DENGAN “MENGERTI” MENURUT GURU.
0 Comments