07 Februari 2015. Poea. Masih beku diingatanku. Saat Rapat pembagian beban kerja semester genap ini; 2014/2015 tertanggal 05 Januari 2015 di MAN Kasipute. Saat membuka kalimat, Bu Nur Asia selaku Wakamad Kurikulum di madrasahku menyebut MAN 1 Bombana bla bla bla…
Begitu “ MAN 1 Bombana” meluncur utuh, saya langsung sedikit melirik dengan kepala miring kearahnya kurang dari 450sambil berucap;  kenapa ganti namanya MAN Kasipute bu?
Setau Q Nama madrasah kan ada peraturannya keluar. Nda sembarang itu.
Untungnya… (menghela napas)
Saya ucapkan tanpa speaker out. Hanya dalam hati saja. Hehehehe. Kayaknya ada mi orang yang malu malu malu malu skali kalau speaker out (lirik yang tulis). hihihi
Saat itu saya mengira-ngira…Hem, mungkin lagi gak konsen…(ah tapi ini saya coret, saat itu raut wajahnya cukup focus) atau mungkin lagi ingin kata “Bombana” ter bold saat kalimatnya menggantung sebelum titik, atau mungkin ingin saja tanpa harus ada alasan di baliknya.” Banyak hipotesis yang saya ajukan saat itu.
Saya sempat ingin bertanya, niatnya setelah usai rapat untuk melihat hipotesis mana yang diterima. Tapi …
Saya bersyukur karena waktu itu saya lupa!!!!
Bisa malu saya kalau bertanya. Kemana saja ada peraturan baru? Saya mungkin bisa berkelit. “ini kan masih awal sekolah. Wajar saja kan kalau saya belum tahu.” Hehehe, selalu saja ada pembelaan diri.
Seandainya saya bertanya, pasti mi saya langsung ingin pakai ilmu menghilang sedetik setelah pertanyaan saya direspon. Dan setelah itu, saya ingin segera menghapus secara permanen episode bertanya itu dari ingatan tiap orang. Hehehe.
Saya sempat melirik papan pengumuman sekolah. Beberapa madrasah memang diubah namanya. Mungkin untuk keseragaman. Dan ternyata, bukan hanya madrasah yang diubah. SMA dan SMK di Bombana sini juga berubah namanya. Mungkin ini untuk memetakan sekolah berdasarkan namanya di tiap kabupaten. I don't know exactly.
Kalau pergantian nama madrasah itu, berdasarkan Keputusan Menteri Agama RI no 184 tahun 2014 tentang perubahan nama 16 madrasah di Provinsi Sulawesi Tenggara.
Baiklah… hari ini sekedar sharing cerita. Apa ceritamu hari ini?

0 Comments