21 Februari 2015, semalam saya sempat membuka beberapa file dari teman sewaktu mereka pelatihan. Saya mencatat beberapa hal tentang naik pangkat ke III c. Kan ceritanya sekarang saya III b. Yah, supaya saya ingat. Bukankah menulis merecall bacaan? Utamanya bagi orang yang pelupa seperti saya. Hehehe…
III b ke III c butuh AKK 50, 3 Pengembangan Diri, dan 4 Publikasi Ilmiah, AKP 5.
Itu saja. Hanya 4 saja;
1.    AKK 50
2.    3 PD
3.    4 PI
4.    AKP 5
Tidak banyak kan? Hem… Banyak sebenarnya teman… di dalam 4 itu, ada banyak cabang-cabang. Ini seperti ulangan Biologi 5 no. tapi pertanyaannya; no 1 a sampai g, no 2 a sampai m, dst…
Sekarang PNS yang guru, dituntut untuk selalu menulis. Ada banyak hal yang akan kita tulis termasuk tentang siswa, laporan kegiatan, dll. Jadi ceritanya setiap habis mengikuti seminar, pelatihan, dll, kita harus membuat laporan hasil kegiatan. Pun ketika mau naik pangkat, kita juga harus menulis. Menulis PTK, menulis buku, bahkan menulis opini di Koran. Jadi, menulis akan menjadi rutinitas bagi guru.
Berikut saya ingin berbagi kerangka laporan yang saya ambil dari sebuah file hasil pelatihan teman. Btw, saya hanya menulis. Adapun penjelasannya, saya juga tidak bisa bersuara banyak. Saya kan tidak ikut pelatihan ini soalnya.
Kerangka Laporan
1)    Bagian Awal berisi judul, keterangan waktu diklat, tempat, tujuan penyelenggara, lama waktunya, surat tugas, penyelenggara diklat, surat persetujuan KS, Fc sertifikat/keterangan dari penyelenggara diklat.
2)    Bagian Isi
a)    Tujuan Diklat
b)    Isi materi serta uraian kesesuaian dengan peningkatan keprofesian guru ybs
c)    Tindak lanjut/rencana guru setelah diklat berdasarkan hasil dari ikut diklat
d)    Dampak diklat terhadap peningkatan mutu KBM dan siswa
e)    Penutup
3)    Bagian Akhir


Lampiran berupa matrik ringkasan pelaksanaan diklat yang disajikan dalam bentuk table.
Nama Diklat
Tempat Kegiatan
Jumlah Jam
Nama Fasilitator
Mata diklat/Kompetensi
Nama Penyelenggara
Dampak*








* isinya tentang perubahan prestasi siswa
SAMPUL
LEMBAR IDENTITAS
LEMBAR PENGESAHAN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
Pendahuluan
1.    Latar Belakang
2.    Tujuan Umum
Pengembangan Diri (2)
1.    Waktu Pelaksanaan dan Penyelenggara Kegiatan
2.    Jenis Kegiatan
3.    Tujuan Pengembangan Diri
4.    Uraian materi Pengembangan Diri
5.    Tindak Lanjut
6.    Dampak Pengembangan Diri
Pengembangan Diri (2 dst)

0 Comments