Raha, 06 September 2015. Siang tadi selesai sosialisasi di AULA MAN 1 MUNA yang diselenggarakan oleh Kemenag Kabupaten MUNA. SOSIALISASI PENINGKATAN MUTU GURU MADRASAH (IMPLEMENTASI KINERJA GURU DAN PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN BAGI GURU MADRASAH). Kegiatan ini berlangsung sejak Jum’at pagi 04 September berakhir Minggu, 06 September 2015.
Pemateri I;  Drs. Muh. Basri, M.Pd
Pemateri pertama adalah guru saya sewaktu MTsN Raha. Namanya Drs. Muh. Basri, M.Pd. Dulu kita suka panggil Pak Basri. Beliau ini guru matematika. Saya suka kalau beliau mengajar. Kentara lah kalau orang cerdas. Bukan hanya cerdas teori, tapi juga sukses membuat saya mengerti. Dan, beliau termasuk guru favorit saya dulu, selain Pak Jamaluddin. Apa kabar beliau sekarang Yah?
Trus, pemateri hari kedua adalah Pak Drs Paharuddin dari Kanwil Kemenag. Beliau adalah Kasi PTK. Yang terakhir dari LPMP Kendari. Pak Basir Sarullah.
Sedikit saya mau cerita tentang Pak Basri ini. Sewaktu pembukaan. Beliau datang duduk di podium bersama Kankemenag dan jajarannya. Satu hal yang luput dari amatan saya adalah otak saya sedikit lambat mengoneksi kenangan. Saya perhatikan, tapi belum ngeh kalau itu adalah Pak Basri. Maklum lah, sekarang wajah masih seperti dulu, tapi perawakan sudah tampak lebih makmur. Badannya lebih sedikit besar. Yah, sejujurnya, sudah seperti pejabat-pejabat. Bahkan beliau sudah bisa mengendarai mobil. Hei hei hei, saya motor saja belum bisa. Hem, saya harus belajar motor (pompa semangat lagi).
Tak berapa lama setelah Pak Kamarudin selaku Kankemenag Kab. Muna memberi arahan, beliau (baca: Pak Basri) sempat memperbaiki amplifier, beberapa saat mondar-mandir, kemudian duduk. Saya langsung, eh … tunggu-tunggu. Ini wajah bukan wajah asing seharusnya. Saya merefresh otak, mencari peta, memperkuat sinyal, dan berusaha menyatukan sensor otak.
 Akhirnya, …
Saya teringat, bukankah ini wajah Pak basri? Waktu itu saya hampir menepuk jidat tanda ‘kenapa sih, otak baru nyambung koneksinya?' Hem, pengaruh tua mungkin dih … hehehe. Beliau masih mengingat saya; siswanya dulu. Sebenarnya waktu itu mau saya tegur duluan, cuman, rasanya sungkan. Beliau sudah jadi Kasi. Sebenarnya sih, mau ditegur juga gak papa meskipun beliau diatas kasi. But, sometimes u try to find a right time to do that.
Ok, itu tadi sedikit iklan tentang guru saya. Saya sangat senang bisa bertemu beliau lagi di event itu.
Sekarang marih kita lanjut ke hal yang berbeda…
Sebelum saya masuk pada materi yang ingin saya share, perlu saya tuliskan bahwa dasar PKB (pengembangan kepribadian berkelanjutan) adalah Permenpan RB no. 16 tahun 2009 tentang jabatan fungsional guru dan angka kreditnya. Peraturan itu merupakan pengganti dari Permenpan no. 84 tahun 1993.
Satu pelajaran berharga yang saya dapat dan urgent untuk saya terapkan adalah, tentang SKP (sasaran kinerja pegawai). Saya mutasi dari Bombana ke Raha mulai Juli 2015. Hal ini berarti, saya harus memiliki capaian SKP bulan Juni dari Pak KM MAN 1 Bombana (Pak Halizi) dan membuat SKP baru start bulan Juli. Untuk yang tanda tangan SKP di madrasah swasta saya belum tahu. Jadi, … sementara saya mau buat dulu Pak KM MTs Lambiku saja, kalau ternyata salah, yah, nanti saya tinggal ulang khan? Yang penting ada SKP. Kalau tak ada, ada hukumannya tuh. Entahlah saya tidak ingat apa, yang jelas membuat SKP itu 'wajib' hukumnya.
Trus, tentang PD; ketika melakukan Pengembangan Diri seperti diklat, maka harus mempersiapkan bukti fisik seperti berikut:
  1. Makalah deskripsi, tujuan, penyelenggara, manfaat, dampak. (ini sih, menurut saya da di laporan semua. 
  2.  Fotokopi surat tugas dari Kantor dan sekolah yang disahkan Kepala Madrasah.
  3. Laporan
  4. Ringkasan Materi 
Anda dapat mendownload contoh laporannya disini. Ini laporan yang saya buat tahun lalu, yah hasil perpaduan dari contoh yang saya temukan juga sih sebenarnya di dupakguru.net. Tinggal klik link berikut yah teman-teman;
Isi Laporan
Daftar Isi dll
Untuk yang melakukan karya inovatif, bukti fisiknya harus ada laporan, narasi, alat dan bahan, cara buat, cara pakai, foto pembuatan, foto pada saat digunakan, lembar pengesahan/pernyataan KS tentang alat tsb digunakan di sekolah
Materi lain, tentang publikasi ilmiah.
Sudah dulu yah... 
Apa cerita anda hari ini?
Dipublish 07 September 2015

0 Comments