Bahasa Arab

Saya belajar bahasa ini sejak MTs. Iya, saya anak sanawiyah. Guruku Pak Slamet. Saya suka sekali kalau dia masuk.

Saya tau, teman-teman, beberapa, ada yang pusing. Saya faham. Tulisannya bukan latin. Jadi, wajar pada gak hijau batrenya.

Sampai sekarang, saya baru mulai lagi belajar.. setelah sebelumnya pernah ikut. Tetapi bolong-bolong dan akhirnya stop.

Minggu ini ulangan. Saya berharap bisa belajar baik.

Minggu lalu muroja'ah. Terus terang, saya belum begitu ngeh, murojaah itu seperti apa?

Ternyata,

Setelah pembukaan.

Ustadzah menanyakan kesiapan. Kemudian...

U: Ummu Hafshoh, seperti apa isim yang bersifat muannatas?

Saya terdiam sejurus. Saya tau ji jawabannya. Tetapi sa kaget. Akhirnya...

U: ada empat itu, apa saja?

Teori. Sa tidak menghafal. Akhirnya lagi, saya mngandalkan analisa pendek.

Me: yang ber ta marbuthoh,

U: terus?

Me: yang berpadangan,

U: terus? 2 lagi.

Saya diam. Apa namanya itu di, kalau yang penetapan?

Ustadzah menyuruh ummahat lain.

Ternyata jawabannya:

1. Nama perempuan
2. isim yang ber tamarbuthoh
3. isim yang muannast majazi (ini yang penetapan tadi, seperti شمس)
4. suatu yang berpasangan.

Semoga bermanfaat.

0 Comments