Bercermin pada Materi

Kalau mengajar di kelas... biasanya kita sebagai guru, menasehati siswa. Supaya tidak mengejek orang. Bla bla bla... Ini sering saya lakukan.

Namun...

Baru beberapa tahun belakangan ini, saya sadar akan satu hal.

Biasakan, saya ambil teks bacaan buat siswa dari buku. Kebetulan buku yang saya pakai zaman baheula. Saya kurang faham kalau teks di buku kekinian.

Kadang kalimat ada yang seperti ini...

Bla bla bla that ugly women bla bla...

Kadang juga dalam pembuatan kalimat.

Kata ugly digunakan untuk merunuk pada wanita yang menurut kisah itu ugly.

Saat itu... tiba-tiba saya sadar... Bagaimana mungkin saya ingin mereka menganggap semua makhluk Alloh tidak ada yang boleh dihina. Sementara kata ugly tidak saya ganti untuk mereka telan?

Sejak saat itu... Saya langsung mengganti kata itu. Saya saring dulu. Kalaupun terpaksa ada kalimat negatif, saya ingatkan mereka tentang salahnya kalimat itu.

#########

Berusaha menghadirkan hanya kisah yang shohih meski dalam bahasa Inggris masih susah saya temukan. Dan yang ini yang berat.

Mengganti teks bacaan bila tak sesuai budaya, adat, agama. Itu yang sedang saya upayakan.

Mohon dukungan.

Semoga istiqomah.

Wa Saripah

0 Comments