Senin, 13 September 2021

Kalau ingat ini, pasti ingat taksonomi bloom (yang direvisi Anderson dan Krathwohl tahun 2001). C1 sampai C6. Dan kalau baca bukunya, bahasanya masyaalloh, ribet sekali bahasa tingkat tinggi. Kalau mau yang simpel-simpel memang harus kerja keras. Kebetulan saya ketemu video menarik tentang ini. Alhamdulillah.
Siap nih baca lebih lanjut? Hihihi... Saya mau bahas khusus C4, soalnya ada hal menarik yang terjadi, berkaitan dengan ini.
C4 adalah tingkatan analisis. C4 cenderung memisahkan bagian-bagian tertentu dan menentukan hubungannya.
1. Menjelaskan perbedaan
2. Membandingkan sesuatu
3. Menjelaskan sebab akibat
4. Memprediksi suatu masalah/kejadian tertentu
5. Menggolongkan dan mengkategorikan
Nah, menariknya, di C4 ini, biar anak TK sebenarnya sudah bisa lho. Jadi, salah besar kalau dibilang, bagaimana mau C4, orang masih SD. C4 kan tingkatan analisis. ya susah.
Nah, ini perlu diperbaiki nih teman-teman. C4 anak TK pun bisa lho. Contohnya? Boleh simak PIC yang saya sertakan ya. Ketika anak TK disuruh mengkategorikan bentuk benda (misalnya gunung, wadah kotak, bola) disuruh pasangkan dengan yang mana miripnya (segiempat, segitiga dan lingkaran). Nah, ini sudah masuk C4 lho. Anak TK sudah bisa mengkategorikan atau menggolongkan sesuai dengan bentuknya.
Kemarin, kebetulan Hafshoh sedang memperlihatkan C4 kepada saya.
H: Umi, harusnya toh, Khidir sudah Umi ajarkan pipis di kamar mandi. 2-3 tahun harusnya sudah lulus toilet training Umi...
Saya harus akui kritikan dan sarannya itu. Nah, ketika seorang anak mengkritikmu bunda... Jangan marah. Pujilah dia. Dia sudah masuk tingkatan analisis dalam taksonomi bloom. Dan cobalah untuk mengikuti sarannya, mengajarkan Khidir supaya toilet training.
Sebenarnya ini nasehat buat saya bunda... he he he...
Pic: dari gugel


0 Comments