Bismillah

Senin, 13 September 2021
Saya belum posting materi hari ke-3 ya. Hari ini materi hari ke-4 ba'da maghrib pi. Pagi diisi dengan zoom mengenai pengeditan data SIMDIKLAT dan input nilai untuk WI dan penyelenggara. Alhamdulillah, saya sudah.
Jadi, lanjut menulis dan mau share tentang materi remedial kemarin ya.
Remedi dilakukan setelah proses pembelajaran 1 KD dan ada siswa yang tidak mencapai nilai KKM setelah diolah nilai tugas plus nilai ulangannya. Jadi bukan hanya nilai ulangan yang diliat ya. Tetapi jumlahkan dulu nilai ulangannya dengan nilai tugasnya, baru bagi 2. Kalau tidak mencapai KKM, maka siswa itu remedi.
Setelah siswa dilihat nilainya dan perlu remedi, maka kita harus lihat, masalahnya dimana. Apakah materi atau kah dimasalah lain (misalnya masalah pribadi atau yang sejenisnya).
Kalau masalahnya, masalah pribadi, berarti harus ada pendekatan personal ke siswa tersebut. Baru mi kita ajak belajar.
Kalau masalahnya dimateri, maka pilih salah satu dari langkah berikut untuk melakukan remedia pada siswa itu:
1. Re-teaching mengajarkan atau menjelaskan kembali dengan memberikan contoh lebih banyaksehingga mudah difahami
2. Audio visual aid: menggunakan alat peraga dalam menjelaskan materi supaya lebih mudah difahami
3. Study group: memanfaatkan anggota kelompok untuk menjelaskan dengan dibimbing guru.
4. Tutoring: memanfaatkan tutor sebaya untuk membantu menjelaskan.
5. Kerjasama antara guru mata pelajaran wali kelas, dan guru bimbingan konseling dengan memotivasi, menunjukkan, cara-cara belajar yang baik, memberi bantuan untuk membantu kesulitasn belajar yang dialami siswa.
Jadi, tinggal pilih kira-kira mana yang cocok. Boleh mengambil lebih dari 1 cara ya teman-teman.
Kalau saya, pada saat proses pembelajaran, sering saya gunakan tutoring ini. Utamanya dalam hal terjemahan teks. Biasa yang maju duluan yang bisa. Nanti saya arahkan da ajar teman-temannya yang mau maju. Jadi sebelum ke meja saya menyetor, dia harus melalui tutor sebayanya dulu. Kalau sudah OK. Baru mi maju ke saya.
Biasanya kalau saya pakai metode ini, jarang ada siswa yang gak lolos. Biasanya semua lolos.
Tetapi itu untuk nilai tugas. Tidak masuk di penetapan KKM. nanti pi sudah selesai 1 KD dan dites dan nilai diolah, baru mi ditau, mana siswa yang harus remedi. Mana yang tidak perlu.
Ok, sekian dulu. Makasih
Hari ke-4 PJJ BDK Makassar, Pengelolaan Hasil Penilaian

Download format remedial Klik Ini.


0 Comments