14 April 2015. Saya masih ingat beberapa waktu lalu, Hafshoh sempat menanyakan siapa ayahnya Abu Huroiroh. Waktu itu saya langsung kaget. Dan tentu saja, saya tidak tahu jawaban pertanyaannya. Hal semacam inilah pula yang kemudian menjadi targhib (baca: dorongan) saya untuk lebih giat membekukan ilmu melalui tulisan kecil sekiranya suatu saat entah dimana, saya butuh.
Abu huroiroh bernama abdu Syams bin Shakr. Ini disebutkan imam Hakim dalam Mustadrak. Setelah memeluk Islam, namanya kemudian menjadi Abdur Rahman. Beliau wafat tahun 57 atau 58 H dan berumur 78 tahun. (Ustadz Nashr Abdul Karim dalam Majalah Akhwat Vol. 9/1432/2011 hal. 10)
Lebih lanjut ustadz Nashr membahas tentang ghibah dalam tulisannya di halaman tersebut
Dalam hadits Abu Daud 13/151 disebutkan bahwa Nabi bersabda: “Sungguh engkau telah mengucapkan suatu kalimat yang apabila dicampurkan dengan air laut niscaa akan merubah warnanya atau rasanya.
Nabi mengucapkan sabda beliau tersebut ketika Aisyah berkata: “Wahai Rasulullah, cukuplah Shafiah itu begini fan begitu.”
Yang dimaksud oleh Aisyah adalah Shafiah pendek badannya.
Wah, begitu saja gak boleh.
Yuk mari mencoba begitu.
Diposkan 17 April 2015.


0 Comments