20 Agustus 2015. Raha memberiku pelajaran akan banyak hal. Termasuk tentang tumbuhan yang kadang orang tua saya menjadikannya sebagai buah sewaktu mereka kecil.  Mau tau salah satunya? Bagi mereka, tanaman ini adalah anggur, anggur hutan. Mereka menyebutnya languru. Ini saya tebak adalah bahasa Muna.
Tanaman dari buah languru merambat layaknya anggur. Berbuah kecil, berwarna hijau ketika mengkal dengan diselimuti semacam duri (bukan duri sih, hanya seperti cover). Ketika buah ini masak berwarna kuning, maka cover itu akan luruh membuka.
Rasa buahnya cukup khas. Semacam manis dengan rasa asam yang mengkombinasi. Hafshoh; anak saya menyukainya.



Ini languru yang masak.

Ini contoh languru yang saya pencet dan siap dimakan.Tampak semut menyukainya. Saya bahkan sempat menemukan banyak semut di sekitaran buah languru yang masak.

0 Comments