Lambiku, 27 Agustus 2015.
Judul Buku: HOME SCHOOLING: CREATING THE BEST OF ME.
PENULIS: HOLY SETYOWATI SIE, BBA
BAHASA: INDONESIA
PENERBIT: ELEX MEDIA KOMPUTINDO-GRAMEDIA
HARGA: 15.000
JUMLAH HALAMAN:168
Tempat beli: Gramedia
Buku ini ditulis oleh Holy Setyowati Sie, BBA. Isinya berbagi pengalaman temannya; Olivia yang menjalani homeschooling di Amerika. Jadi, isinya lebih ke berbagai episode perjalanan homeschooling Olivia dan beberapa hal yang berkaitan dengan itu, disertai dengan saran-saran; buah ide dari Olivia yang melihat beberapa kekurangan homeschooling yang diterapkan padanya untuk bisa disempurnakan bagi yang berminat menerapkannya juga.
Saya belum finish membaca buku ini, tapi bagi saya, mungkin sangat perlu untuk menulis tentang ini hari ini, berhubung saya sedang free dan ide saya lagi ingin keluar, dan lagi, sudah 95% buku ini saya baca. Jadi, semoga saja review atau apalah namanya tentang buku ini bukanlah waktu yang kurang tepat.
Dari segi bahasa, saya menyukai buku ini. Mungkin karena buku ini bertutur layaknya cerita. Bagaimana Olivia dan saudaranya menjalani homeschooling yang penuh dengan warna dan terkadang ada juga masalah.
Cerita Olivia mampu membuat saya merencanakan kembali banyak hal terhadap anak saya. Termasuk bagaimana dengan cara belajar, evaluasi, karya anak, dan lain-lain. Meski tidak ada contoh penilaian atau kurikulum dalam buku ini. Tapi bagi saya, buku ini cukup membantu saya untuk sedikit berbuat banyak demi pendidikan anak.
Jadi, harga buku yang murah bagi saya sangat baik untuk mendorong orang-orang yang memiliki keterbatasan financial untuk mencoba memiliki buku tentang homeschooling. Bolehlah melirik buku ini.
Buku ini akhirnya berhasil membuka kembali otak saya untuk bisa membuat jadwal belajar untuk anak saya Hafshoh, yang sedari dulu hanyalah berupa rencana yang tertunda.
Saya melihat bagaimana besarnya usaha seorang ibu untuk bisa melaksanakan dan komitmen dengan homeschool. Ini tidak mudah namun bukan berarti mustahil.
Segala bentuk positif homeschooling, tampak dari buku ini. Grafik perkembangan yang memang sesuai kenyataan. Kemampuan anak yang tentu saja sesuai dengan kapabilitas mereka. Dan hal-hal lain yang terus terang saja kalau untuk di ‘sekolah’ terkadang hampir tidak semua aspek dievaluasi. Tapi, saya tidak mau jauh membahas ini. Yang jelas, banyak-banyaklah membaca buku tentang homeschooling atau buku pendidikan anak lainnya.
Untuk harga semurah ini, buku ini mendapat 4 bintang dari 5 bintang yang saya punya.




2 Comments

  1. langsung ke gramedia pengen baca bukunya he

    ReplyDelete
  2. silahkan .... di kendari adanya di tempat2 yg diskon..lantai 2 rabam

    ReplyDelete